Tips Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk dengan Bahan Alami

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang menjengkelkan. Tak hanya suaranya yang mengganggu, gigitannya yang menimbulkan bentol dan gatal sangat menyebalkan. Jika kulit yang digigit nyamuk kamu garuk berlebihan akan menimbulkan risiko terkena iritasi. Namun, jika tidak digaruk maka kamu akan merasakan gatal yang amat sangat. Lalu bagaimana caranya jika sudah digigit nyamuk dan terasa gatal? Berikut HerGrid lansir dari berbagai sumber, tips menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk dengan bahan alami. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Es Batu

Cold ice cubes with water drops

Saat digigit nyamuk dan mulai terasa gatal, kamu bisa menempelkan es batu pada permukaan kulit yang gatal. Suhu dingin dari es batu bisa membantu menenangkan saraf yang memicu rasa gatal lho. Namun jangan langsung menempelkan es batu pada kulit ya, sebaiknya masukkan terlebih dahulu ke dalam kantong kain.

2. Madu

Ilustrasi madu. (freepik)

Terdapat banyak kandungan di dalam madu yang terbukti memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya antibakteri dan antiradang. Kedua kandungan tersebut ternyata mampu meredakan gatal akibat gigitan nyamuk lho. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke area kulit yang gatal. Bila sudah tak terasa gatal, bersihkan dengan air agar tidak lengket.

3. Lidah Buaya

Ilustrasi tangan dioleskan lidah buaya. (freepik)

Sama seperti madu, lidah buaya juga memliki kandungan antiradang yang mampu menyembuhkan infeksi dan luka pada kulit. Nah, jika kulit kamu terasa gatal akibat gigitan nyamuk, kamu bisa mengoleskan lidah buaya untuk meredakan gatalnya. Namun setelah itu jangan lupa bersihkan kulit dari sisa getahnya ya.

4. Bawang Merah

Ilustrasi bawang merah. (freepik/stockking).

Bawang merah juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk lho. Hal ini karena, bawang merah memiliki kandungan antijamur alami. Nah caranya, iris kecil beberapa siung bawang bawang merah lalu tempelkan pada kulit yang gatal, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Baking Soda

Ilustrasi baking soda. (freepik/azerbaijan_stockers)

Tak hanya untuk membuat kue, baking soda bisa kamu gunakan untuk menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk. Kandungan senyawa alkalin ringan dalam baking soda dapat menetralkan keseimbangan pH kulit. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mencampur baking soda dengan sedikit air, lalu oleskan pada area yang gatal.

Baca juga: Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis, Serta Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>