Pacaran Tak Bahagia, Ini Tanda dan Cara Menghindari Toxic Relationship

Banyak pasangan yang tak sadar kalau sebenarnya hubungan mereka itu nggak sehat karena ketidaktahuan akan tanda dan cara menghindari toxic relationship. Memiliki hubungan yang nggak sehat alias toxic relationship itu tak menyenangkan dan akan berdampak buruk untuk masing-masing.

Sebuta-butanya dengan cinta, tetapi untuk hal ini kamu nggak boleh menutup mata. Sebab, toxic relationship bisa membuat fisik dan mental kamu tersakiti. Nggak mau dong kisah asmara kamu berjalan tak seindah seperti yang kamu bayangkan.

Baca juga: Benarkah Orang yang Sudah Menikah Lebih Bahagia daripada Single?

Lalu seperti apa sih ciri toxic relationship itu? Bagaimana cara menghindarinya? Berikut HerGrid lansir dari berbagai sumber, tanda-tanda dan cara menghindari diri dari hubungan yang nggak sehat alias toxic relationship.

Tanda Hubungan Nggak Sehat

Ilustrasi_pasangan_bertengkar(freepik)

1. Sering Bertengkar

Dalam hubungan asmara, pertengkaran adalah hal yang wajar. Namun, jika kamu dan pasangan terlalu sering bertengkar bahkan untuk hal yang sepele seperti memperdebatkan soal film, makanan, dan lainnya bisa jadi kamu sedang terjebak dalam toxic relationship.

2. Selalu Disalahkan

Salah satu tanda kalau kamu sedang berada dalam toxic relationship adalah selalu disalahkan oleh pasangan. Misalnya saja, saat pasanganmu membuat kesalahan, baik itu yang disengaja ataupun tidak. Ia tidak mau mengakui kesalahannya, dan justru berbalik marah kepadamu.

Jika pasanganmu seperti itu, bisa jadi kamu berada dalam hubungan yang nggak sehat, karena hubungan yang sehat itu harus bisa menerima dan saling melengkapi satu sama lain.

3. Kamu Merasa Tak Bahagia

Umumnya, saat menjalani hubungan asmara kamu akan merasa bahagia. Namun, jika kamu nggak merasakan kebahagiaan karena terlalu sering bertengkar dan berbeda pendapat, mungkin ini saatnya untuk berpikir ulang mengenai hubungan kalian.

Cara Menghindari Diri dari Toxic Relationship

Photo of young couple having a fight. Girl and her boyfriend had a huge fight the day before valentines day. Maybe he just did not prepared her a present. Or she. Hope they would not break up. Couple concept

1. Kenali Tandanya

Kamu harus bisa mengenali tandanya, apakah hubungan yang sedang kamu jalani baik-baik saja atau tidak. Jangan menutup mata untuk hal ini, percayalah kamu akan mendapatkan seseorang yang jauh lebih baik dan bisa membuatmu bahagia. Jangan ragu untuk melepaskan dia yang tak menghargaimu.

2. Tetapkan Hati untuk Melepaskan

Kamu harus menetapkan hati untuk melepaskan dan mengakhiri hubungan kalian. Jangan pernah mempertimbangkan ulang keputusanmu itu. Jika perlu, block semua kontak dan sosial media pasanganmu.

3. Fokus pada Diri Sendiri dan Lakukan Kegiatan Positif

Setelah berhasil melepaskannya, dan sebelum memulai hubungan dengan orang baru, kamu perlu fokus pada dirimu sendiri. Cintai dan terima dirimu apa adanya. Lakukanlah kegiatan yang positif, seperti membaca buku, berkumpul bersama sahabat dan keluarga, atau mencari hobi baru.

Itulah beberapa tanda dan ciri tooxic relationship. Semoga artikel ini bisa membantumu melewati dan melepaskan hubungan yang nggak sehat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>