Biar Nggak Cepat Rusak, Hindari 5 Makanan Ini Setelah Memakai Behel

Saat ini, penggunaan kawat gigi atau behel menjadi trend tersendiri bagi sebagaian orang. Beberapa orang menggunakan behel karena alasan kesehatan, sebagian lagi karena gaya hidup. Namun taukah kamu, menggunakan behel tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak proses yang harus dijalankan sebelum akhirnya behel bisa terpasang di gigi kamu. Selain itu, setelah berhasil menggunakan behel, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari. Hal ini karena, beberapa jenis makanan tersebut bisa tersangkut pada celah behel dan dapat memengaruhi posisi bahkan menyebabkan kerusakan pada behel dan gigi. Makanan apa saja yang harus anda hindari setelah memakai behel? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Buah-buahan dengan Tekstur Keras

Ilustrasi buah Apel. (freepik/8photo)

Makanan pertama yang harus kamu hindari setelah memakai behel yakni buah-buahan yang memiliki tekstur keras seperti, apel, jambu biji hingga pir. Menggigit buah-buahan tersebut memang bisa membersihkan gigi, tetapi tidak saat kamu menggunakan behel.

Tekanan gigitan kuat yang kamu lakukan saat mengonsumsi buah-buahan tersebut bisa membuat kabel dan bracket rusak, serta mengurangi efektivitas pengobatan ortodontik. Jika ingin mengonsumsi buah, sebaiknya beralih pada buah yang memiliki tekstur lunak seperti pisang atau kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu sehingga teksturnya menjadi lunak dan lembut.

2. Jagung

Ilustrasi Jagung. (freepik/jcomp)

Jagung rebus atau bakar juga menjadi salah satu makanan yang harus kamu hindari saat memakai behel. Dengan menggigit makanan ini secara langsung bisa membuat behel kamu rusak bahkan terlepas. Kamu tetap bisa mengonsumsi jagung dengan menyerut bijinya atau mengolah menjadi bubur.

3. Permen Karet

Ilustrasi mengunyak permen karet. (freepik/halayalex)

Siapa yang suka mengonsumsi permen karet? Sayangnya permen karet harus dihindari oleh para pengguna behel. Hal ini karena, permen karet yang memiliki tekstur kenyal dan lengket mudah menempel pada behel serta celah gigi kamu. Sisa makanan tersebut akan sulit dibersihkan dan bisa membuat gigi kamu rusak dan menjadi busuk.

4. Kacang dan Biji-bijian

Ilustrasi kacang dan biji-bijian. (freepik/8photo)

Sama seperti permen karet, kacang dan biji-bijian juga termasuk makanan yang harus dihindari setelah kamu memakai behel. Kacang dan biji-bijian mudah menempel pada sela gigi dan behel sehingga sulit dibersihkan. Selain itu, makanan ini memiliki tekstur yang keras dan berisiko membuat kawat gigi kamu menjadi bengkok dan rusak.

5. Daging Sapi atau Kambing

Ilustrasi daging sapi. (freepik/timolina)

Makanan selanjutnya yang harus dihindari setelah memakai behel adalah daging sapi atau kambing. Mengonsumsi daging yang alot dan keras membutuhkan ekstra tekanan saat mengunyahnya. Hal inilah yang bisa menyebabkan kawat di area geraham menjadi longgar dan bisa membuat kawat gigi cepat rusak. Selain itu, serat daging juga bisa tersangkut di antara behel dan gigi, sehingga sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat memakai behel. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan lainnya yang nggak kalah sehat seperti telur, tahu, tempe, sayuran yang telah dimasak dan lainnya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>